Waktu Tepat Memberikan Madu Pada Anak – Sebagian orang menilai bahwa madu merupakan makanan terbaik untuk tubuh. Namun, tahukah Anda apabila memberikan madu pada anak di bawah umur 1 tahun dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk menjelaskan pernyataan di atas, simak artikel berikut dengan seksama.

Waktu Tepat Memberikan Madu Pada Anak

Semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. Dan ternyata masih banyak orang tua yang tidak tau kapan waktu yang pas memberikan madu pada anak. Padahal madu dipercaya mampu mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebelum mengetahui kapan waktu yang baik untuk memeberikan madu, perlu Anda ketahui  beberapa resiko yang dapat terjadi pada anak dibawah 1 tahun yang sudah diberikan madu oleh orang tuanya, antara lain sebagai berikut:

Keracunan Madu atau Botulisme

Madu ini mengandung bakteri Clostridium botulinum. Di mana anak usia dibawah 1 tahun belum memiliki daya tahan tubuh dan sistem pencernaan yang kuat untuk melawan bakteri tersebut. Sehingga keracunan madu atau botulisme ini dapat terjadi. Penyakit botulisme memang jarang terjadi.

Namun, jika terjadi akan berakibat fatal dan bahkan dapat mengancam nyawa sang anak. Mengapa demikian? Karena bakteri Clostridium botulinumi bisa menyerang sistem saraf bayi, dan membuat otot – ototnya menjadi lemah, dan mengganggu sistem pernafasannya.

Gejala penyakit botulisme ini dapat ditandai dengan sulitnya buang air besar, anak terlihat lemas, sulit untuk bernafas da menelan, serta saat menangis anak tidak sekencang biasanya. Sebaiknya lakukan pengecekkan langsung. Anda tidak perlu khawatir soal biaya, banyak rumah sakit yang memberikan paket medical check up murah.

Kerusakan Gigi

Madu memiliki kadar gula yang cukup tinggi, maka ketika anak sudah mulai mengalami pertumbuhan gigi, gigi tersebut akan lebih cepat rusak. Jadi jangan sesekali menambahkan madu pada makanan maupun minuman pada anak dibawah 1 tahun ya.

Obesitas

Kebiasaan memakan yang manis akan berdampak pada anak secara terus – menerus membuatnya terbiasa dengan rasa manis. Akibatnya anak akan sulit menerima makanan dengan rasa kurang manis. Lama – kelamaan setelah dewasa anak akan lebih beresiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker.

Sebaiknya Anda para orang tua memberikan madu pada anak ketika anak sudah masuk usia 12 bulan atau 1 tahun. Itu pun hanya boleh diberikan sedikit madu, misalnya mengoleskan madu pada roti, atau mencampur susu dengan madu. Karena madu yang terkandung pada makanan bayi berbeda dengan kandungan madu asli.

Produk makanan bayi yang mengadung madu aman dikonsumsi anak di bawah 1 tahun, karena bakteri madu tersebut sudah mati akibat proses pemanasan. Anak usia 1 tahun pun tidak boleh setiap hari mengkonsumsi madu, beri jeda 4 sampai 5 hari. Karena ditakutkan anak tidak menyukai madu.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit