Kapan Anak Boleh Minum Suplemen Vitamin? – Jakarta, Berbagai produk suplemen untuk anak saat ini banyak dijual di pasaran. Produk-produk yang umumnya berupa multivitamin itu diklaim punya beragam manfaat, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga memaksimalkan pertumbuhan otak.

Kapan Anak Boleh Minum Suplemen Vitamin?

Meski khasiatnya cukup menggiurkan, pemberian suplemen bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan apabila asupan nutrisi dari makanan sehari-hari sudah cukup seimbang. Suplemen hanya tambahan, diberikan jika sumber utamanya yakni makanan belum mencukupi.

“Sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi anak melalui makanan sehari-hari seperti sayuran dan buah, termasuk kebutuhan akan vitamin,” kata dr Emma Nurhema SpA, dokter anak dari RS Persahabatan kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (5/6/2013).

Tidak bisa dipungkiri, anak-anak biasanya susah disuruh makan sayuran. Anak-anak cenderung lebih menyukai makanan dengan cita rasa yang menggoda seperti ayam goreng, dibanding buah dan sayur mayur yang terasa lebih hambar bagi yang tidak suka.

Dalam kondisi demikian, maka tugas orang tua lah yang harus membujuk dan meyakinkan anak bahwa buah dan sayuran itu penting bagi kesehatan tubuh. Sajikan dalam masakan yang inovatif, biar rasanya tidak kalah lezat dan tampilannya tidak kalah trendi dibanding ayam goreng misalnya.

Produk suplemen diberikah hanya bila asupan nutrisi si anak belum tercukupi dari makanan sehari-hari. Bisa karena memang susah beli sayur atau buah, atau karena masalah tertentu hingga tidak bisa menyerap semua nutrisi yang ada di makanan sehari-hari.

“Jika memang orang tua merasa dari makanan sehari-hari anak belum terpenuhi kebutuhan vitaminnya, sebaiknya memang diberikan suplemen vitamin agar terpenuhi. Berikan hanya memang jika dibutuhkan,” saran dr Emma yang juga berpraktik di RS Bunda Aliyah.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. BonusĀ  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit