Harga medical check up – Tip mengelola biaya untuk membayar medical check up kerap kali menunda keinginan sebagian orang untuk memeriksakan kesehatan mereka. Di sisi lain, mereka juga tak mau terjangkit penyakit yang biaya pengobatannya berpotensi menguras tabungan.

Hal tersebut tak terlepas dari kenyataan bahwa belum semua orang menyadari fungsi dari medical check up. Pemeriksaan berkala adalah salah satu bentuk pencegahan yang akan melindungi Anda dari gangguan kesehatan. Ketersediaan paket medical check up murah dari sejumlah rumah sakit pun semestinya tak lagi jadi alasan bagi Anda untuk menunda pemeriksaan.

Harga Medical Check Up 

Medical check up sebagai pemantau kondisi kesehatan 

Menjaga kesehatan adalah bentuk investasi terhadap diri sendiri yang sebenarnya mudah dilakukan. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya tubuh tetap bugar, antara lain mengonsumsi jenis makanan sehat dan rutin berolahraga. Adapun medical check up yang akan mengoptimalkan upaya Anda dalam memastikan kondisi kesehatan secara berkala.

Dengan medical check up secara rutin, Anda akan merasakan manfaat-manfaat berikut ini:

  • Deteksi risiko penyakit sejak dini

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya medical check up meliputi pemeriksaan apa saja? Apakah pemeriksaan ini hanya berlaku untuk orang-orang sakit?

Faktanya, medical check up berlaku untuk siapa saja, termasuk Anda yang kesehatannya bagus. Rutin memeriksakan tubuh akan memudahkan Anda memantau kondisi organ dalam yang tak bisa Anda lihat langsung. Apalagi ada beberapa penyakit yang gejalanya tak terdeteksi sejak awal.

Ketika dokter menemukan tanda-tanda penyakit tertentu dari medical check up, Anda akan segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Perkembangan penyakit pun dapat Anda cegah dari awal sebelum memberikan dampak lebih buruk terhadap tubuh. Biaya pengobatan yang dikeluarkan juga jauh lebih murah.

  • Menghindari komplikasi penyakit

Adalah hak Anda untuk menanyakan beberapa hal terkait medical check up, termasuk cek darah lengkap apa saja apabila Anda menderita penyakit yang berhubungan dengan darah. Dengan begitu, Anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk menekan risiko dari gangguan kesehatan yang diderita sebelumnya.

Dalam tahap ini, Anda mungkin lebih was-was mengamati perkembangan penyakit dalam tubuh. Namun, medical check up berkala akan sangat membantu pasien dalam menangani tubuhnya karena mendapatkan saran dan masukan dari dokter.

  • Mengelola masalah psikis

Benefit lainnya yang akan Anda peroleh dari medical check up adalah penanganan psikis dari penyakit tertentu sebelum semakin memburuk. Dokter yang melaksanakan medical check up di Jakarta akan segera mengambil tindakan apabila penyakit yang Anda derita berhubungan dengan stres. Sementara Anda yang tak punya gangguan kesehatan tertentu akan mempunyai pengeloaan stres lebih baik.

Pengelolaan biaya sebelum melakukan check up

Berdasarkan manfaat-manfaat di atas, semestinya medical check up tidak menjadi hal yang ditakutkan. Untuk meningkatkan kesadaran terhadap pemeriksaan ini, dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat luas. Termasuk di antaranya pengelolaan biaya yang dikeluarkan.

Jumlah biaya yang Anda butuhkan untuk menjalankan medical check up tergantung pada jenis pemeriksaan dan kebijakan masing-masing rumah sakit. Supaya lebih mudah dalam menghitung biaya, berikut tip yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan medical check up perusahaan dan sektor lainnya.

Jadwalkan waktu pemeriksaan

Menentukan jadwal medical check up adalah langkah awal yang akan membantu Anda mengurus biaya. Waktu yang dianjurkan untuk pemeriksaan berkala adalah dua tahun sekali. Namun, bila Anda mampu menebus harga medical check up lebih sering, tak ada salahnya untuk melaksanakan pemeriksaan lebih sering, misalnya dua kali dalam setahun.

Merancang agenda medical check up membantu Anda mengatur persiapan. Pasalnya, ada sejumlah pemeriksaan yang mewajibkan Anda untuk puasa terlebih dulu supaya hasil yang dikeluarkan akurat.

Memeriksa biaya medical check up

Setelah memahami pengertian medical check up beserta manfaatnya, akan lebih mudah bagi Anda mencari daftar biaya yang diperlukan. Karena paket yang tersedia cukup bervariasi, harga yang akan ditetapkan setiap rumah sakit pun bervariasi. Nominal yang diajukan berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Biaya yang Anda gelontorkan akan lebih besar kalau sampai masuk ke tahap MRI, karena pemeriksaan ini membutuhkan dana sampai puluhan juta rupiah.

Sebelum menjatuhkan pilihan, bandingkan dulu satu paket yang diperlukan dari satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Tanyakan kepada layanan pelanggan mengenai prosedur dan jadwal yang dapat diambil terkait paket medical check up.

Masukkan medical check up dalam anggaran

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengelola biaya adalah mencantumkan jenis medical check up dalam anggaran. Langkah ini berlaku apabila perusahaan memberikan pemasukan tambahan seperti bonus dan tunjangan. Alokasikan sekitar 5-10% untuk tabungan medical check up.

Namun, kalau perusahaan tak menyediakannya, Anda bisa sisihkan sekitar 5% dari gaji tetap atau mencari pekerjaan sampingan yang mampu memenuhi tagihan. Simpan uang yang Anda siapkan tadi dalam tabungan terpisah atau deposito. Jadi, saat hari pemeriksaan tiba, Anda bisa mengambilnya sesuai harga paket yang ditawarkan.

Memanfaatkan promo yang ditawarkan rumah sakit

Tak ada yang salah dengan menggunakan promo untuk menghemat biaya, apalagi kalau contoh hasil medical check up yang diamati ternyata memuaskan.

Sejumlah instansi menyediakan medical check up yang dikemas dengan potongan harga dalam momen-momen tertentu. Misalnya saja diskon untuk perempuan pada Hari Kartini. Ada pula program kerja sama dengan bank yang akan menguntungkan nasabah saat mereka memeriksakan diri ke rumah sakit yang menjadi mitra lembaga tersebut. Karena hanya berlangsung sesekali, Anda harus rajin mengeceknya di website atau media sosial instansi yang bersangkutan.

Mematuhi setiap rencana yang sudah disusun

Pemeriksaan yang dilakukan sekali saja tak akan langsung memenuhi tujuan medical check up, terutama kalau Anda kurang disiplin dalam mematuhi rencana yang disusun. Seperti yang dibahas sebelumnya, medical check up rutin tak hanya membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan di waktu tertentu, melainkan juga menolong Anda saat dokter mendapati ada sesuatu yang tak beres dengan tubuh.

Oleh karena itu, jangan malas menyisihkan gaji dari pekerjaan tetap maupun sampingan supaya Anda bisa rajin melakukan medical check up. Langkah ini secara tak langsung menambah angka harapan hidup dan menjaga kesehatan Anda sampai tua nanti.

Di usia berapa sebaiknya Anda melakukan medical check up?

Salah satu contoh medical check up yang dianjurkan adalah sejak Anda sudah melewati usia 18 tahun. Pemeriksaan sejak dini atau saat tubuh masih bugar akan membuat Anda semakin awas dengan kesehatan. Sementara Anda yang berusia di atas 40 tahun membutuhkan pemeriksaan lebih dari sekali dalam setahun.

Kemudian, pakar dari Center for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat menganjurkan pemeriksaan di awal dan akhir tahun. Jadi, Anda akan mudah mengatur biaya untuk harga medical check up yang ditagihkan.

Nah sudah jelas kan, tentang pentingnya dan manfaat medical check up bagi Kesehatan tubuh kita sekaligus saran akan pentingnya kita menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk medical check up. Dan ada kabar gembira buat anda semua, Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dan klinik yang menyediakan layanan medical check up. Jadi anda tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke klinik dan rumah sakit hanya sekedar menanyakan harga dan paket medical check up yang tersedia. Atau anda mengunjungi web resmi masing-masing rumah sakit dan klinik tersebut. Di Plazamedis, anda bisa melihat seluruh layanan paket medical check up yang disediakan oleh rumah sakit dan klinik di sekitar anda.

Lalu gimana caranya untuk mendapatkan layanan medical check up tersebut?

Anda tinggal menyelesaikan proses pembelian tiket medical check up di plazamedis. Caranya seperti anda berkunjung ke website-website toko online. Pilih Bayar Pakai. Dan bila anda melakukan pembelian tiket medical check up di Plazamedis, bisa jadi harga yang akan anda dapatkan lebih murah daripada harga medical check up di rumah sakit atau klinik tersebut bila anda datang langsung kesana. Belum lagi ada discount dan hadiah-hadiah menarik menanti anda.

Dan untuk pelaksanaan medical check up di perusahaan juga bisa didapatkan infonya di bagian bawah artikel ini.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit