Biaya Medical Check Up – Salah satu hal yang Anda pasti anggap perlu diketahui tentang medical check up alias tes kesehatan adalah medical check up. Total biayanya sendiri bervariasi, karena bergantung pada berbagai faktor.

Secara garis besar, arti medical check up merupakan tes kesehatan yang dilakukan untuk mengecek kondisi tubuh Anda secara keseluruhan, dan untuk memantau kondisinya secara berkala apabila dilakukan secara teratur. Dengan demikian, medical check up bisa dilakukan untuk menemukan adanya masalah kesehatan bahkan sebelum gejalanya nampak. Dengan demikian, peluang untuk perawatannya pun lebih baik karena peluang kesembuhan yang lebih baik pula.

Biaya Medical Check Up

Karena itu, melakukan medical check up perlu dibiasakan sedini mungkin. Artinya, Anda tak perlu menunggu sampai tua dulu untuk bisa melakukan medical check up. Di samping itu, proses medical check up biasanya juga menjadi syarat dan perlu dilakukan sebelum seseorang menikah, atau dipastikan bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Makanya, tak heran kalau Anda bisa menemukan berbagai contoh hasil medical check up perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa kondisi kesehatannya benar-benar baik.

Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Medical Check Up

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melakukan medical check up lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Meski demikian, tetap saja ada beberapa faktor penting yang bisa memengaruhi kebutuhan medical check up seseorang.

Beberapa faktor tersebut misalnya usia, di mana seseorang yang lebih tua seperti lansia sangat dianjurkan untuk melakukan medical check up. Pasalnya, penambahan usia memang merupakan salah satu faktor risiko berbagai jenis penyakit. Di samping itu, ada juga riwayat kesehatan pribadi, riwayat keluarga seperti penyakit turunan, hingga gaya hidup seperti pola makan, kebiasaan merokok, atau gaya hidup sedentari (pasif).

Dalam medical check up lengkap, bahkan Anda bisa melakukan berbagai pemeriksaan untuk deteksi dini beragam jenis penyakit berbahaya. Contohnya deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, yang saat ini menjadi dua jenis kanker yang paling banyak membunuh wanita di Indonesia. Deteksi lainnya juga meliputi kolesterol, kesehatan mulut dan gigi, tekanan darah tinggi, deteksi kanker prostat bagi pria, tes HIV/AIDS, maupun risiko terkena infeksi virus hepatitis.

Bagaimana Prosedur Medical Check Up?

Sebelum melompat sampai ke pembahasan tentang biaya medical check up, Anda juga perlu tahu apa saja rangkaian prosedur tes kesehatan yang dilakukan. Secara garis besar, medical check up dapat dilakukan dengan melalui berbagai prosedur, seperti pemeriksaan riwayat penyakit pribadi maupun keluarga (turunan). Dengan begini, dokter pun dapat mendeteksi apa saja penyakit yang lebih berisiko Anda derita karena diturunkan.

Cara medical check up selanjutnya adalah pemeriksaan fisik yang dilakukan untuk membantu mengidentifikasi adanya gejala-gejala penyakit tertentu apabila dilihat dari kondisi fisik Anda. Di prosedur ini, dokter yang bertugas akan memeriksa Anda dengan teliti. Setelah itu, ada juga pemeriksaan tanda-tanda vital yang dibutuhkan guna mendapatkan data-data seperti denyut jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan sebagainya.

Dan yang terakhir adalah pemeriksaan atau tes laboratorium. Pada tahap tes laboratorium ini, yang dilakukan biasanya adalah mengukur kadar kolesterol, kadar gula, dan sebagainya. Karena itu, Anda akan dimintai sampel darah, urin, bahkan hingga feses untuk ditempatkan ke dalam wadah yang telah disiapkan agar bisa diamati di dalam laboratorium. Biasanya, untuk melakukan prosedur ini, ada syarat medical check up yang perlu Anda lakukan, yaitu berpuasa dalam rentang waktu tertentu – bisa 8 jam, 12 jam, atau sesuai yang diminta oleh dokter.

Yang Perlu Diperhatikan dan Dipersiapkan Saat dan Sebelum Medical Check Up

Sangat penting bagi Anda untuk bersikap sejujur-jujurnya dengan dokter Anda ketika sedang melakukan medical check up. Bahkan, Anda bisa percayakan seluruh informasi tentang diri Anda yang berkaitan dengan kesehatan kepada dokter, yang akan menjaga informasi tersebut sebagai rahasia dengan profesional. Karena itu, sampaikan semua kebiasaan dan gaya hidup Anda, seperti apakah Anda tengah menjalani program atau pola diet tertentu, apa saja jenis obat-obatan yang dikonsumsi (termasuk suplemen maupun ramuan herbal), hingga berbagai keluhan yang pernah, sedang, atau sering Anda alami.

Kemudian, tak perlu ragu untuk meminta informasi lengkap kepada dokter maupun petugas medis yang menangani Anda terkait dengan persiapan sebelum medical check up. Contohnya adalah apakah Anda perlu melakukan puasa terlebih dahulu sebelum tes kesehatan. Di samping itu, pastikan bahwa Anda juga membawa data medis dari hasil pemeriksaan terakhir yang sudah dilakukan sebelumnya.

Sebelum pemeriksaan dimulai, petugas medis atau dokter akan meminta Anda menuliskan apa saja jenis obat-obatan yang Anda konsumsi. Di samping itu, biasanya aka nada kuesioner yang perlu Anda isi untuk membantu dokter memahami kondisi terkini Anda maupun riwayat kesehatan Anda terdahulu. Dan jika Anda merasa perlu, minta anggota keluarga terdekat untuk mendampingi Anda ketika melakukan pemeriksaan.

Setelah Medical Check Up, Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Apabila Anda sudah melakukan medical check up dan telah mendapatkan hasil pemeriksaan, lakukan evaluasi kesehatan lanjutan terutama jika ada kelainan dari hasil medical check up Anda. Di samping itu, lakukan juga perubahan gaya hidup seperti mengubah pola makan agar jadi lebih sehat dengan perbanyak asupan sayur dan buah, serta kurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak. Jangan lupa juga untuk membiasakan berolahraga secara teratur dan menghentikan berbagai kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan Anda, seperti merokok.

Anda sebaiknya melakukan medical check up secara teratur. Salah satu pertimbangan utama untuk menentukan frekuensi seberapa sering Anda perlu melakukan tes kesehatan. Biasanya, frekuensinya adalah sekali tiap lima tahun untuk Anda yang berusia 18 sampai 40 tahun, dan lebih sering lagi untuk Anda yang berusia di atas 40 tahun, misalnya setiap 1-3 tahun.

Berapa Biaya Medical Check Up?

Secara garis besar, berapa biaya medical check up ditentukan berdasarkan jumlah rangkaian tes yang dilakukan, instansi yang melakukan prosedur pemeriksaan kesehatan, hingga fasilitas yang ditawarkan. Artinya, apakah biaya medical check up murah yang perlu Anda bayar nantinya murah atau tidak, akan dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Meski demikian, rentang atau range biaya general check up biasanya dimulai dari kisaran Rp 150.000 saja hingga Rp 10.000.000, atau lebih. Karena itu, Anda bisa cek dan konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak klinik, rumah sakit, maupun instansi di mana Anda akan melakukan medical check up soal kisaran biaya yang ditentukan. Biasanya, program medical check up ditawarkan dalam format paket untuk mempermudah Anda menyesuaikan rangkaian pemeriksaan dengan kebutuhan Anda sendiri. Hal ini tentu juga akan mempermudah Anda dalam menghitung biayanya, kan?

Bila anda sebagai managemen perusahaan yang ingin melakukan kegiatan medical check up di perusahaan, ingin menanyakan seputar info biaya medical check up karyawan, maka bisa langsung klik link di bawah artikel ini. Akan banyak penawaran-penawaran menarik bagi perusahaan yang ingin melakukan medical check up bagi karyawan ditambah dengan banyak keuntungan dan nilai tambah.

Dan bila anda rutin melakukan medical check up di rumah sakit atau klinik secara perorangan, maka ada kabar gembira untuk kamu karena plazamedis saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa klinik dan rumah sakit untuk menyediakan layanan medical check up perorangan. Di sini, anda bisa memilih dan membandingkan paket-paket medical check up yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang berada di sekitar anda. Banyak keuntungan bila kamu membeli paket medical check up  di Plazamedis. Salah satunya adalah bisa jadi harga yang kamu dapatkan di plazamedis, lebih murah daripada harga yang kamu dapat bila datang langsung ke klinik dan rumah sakit tersebut. Dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya. Cek penawarannya di bawah artikel ini.

Nah, itulah rangkuman informasi mengenai prosedur, persiapan, hingga biaya medical check up yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat