Cara Mudah Mencegah Kanker – Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh banyak orang. Jenis penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan jika masih pada stadium dini, tapi sayangnya kebanyakan orang mengetahui penyakit kanker ini saat masuk stadium lanjut sehingga sulit untuk mencegah penyakit kanker. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Cara Mudah Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena perubahan hormon yang tidak teratur sehingga memunculkan atau mengakibatkan timbulnya daging pada jaringan tubuh yang normal, bisa dikatakan sebagai tumor ganas. Beberapa jenis kanker memang membentuk tumor tapi ada juga yang tidak seperti kanker leukemia.

Cara mencegah kanker dengan mudah yaitu atur pola makan yang sehat. Mengapa demikian? Karena ternyata gangguan gizi dapat juga timbul pada penderita penyakit kanker. Hal tersebut karena kurang asupan makanan, tindakan medik, efek psikologis, serta pengaruh keganasan sel kanker.

Pengobatan yang biasanya dilakukan yaitu dengan kemoterapi. Tujuannya untuk membunuh sel – sel kanker dengan obat melalui oral atau langsung dimasukkan ke dalam darah. Tapi perlu kalian ketahui bahwa obat tersebut dapat merusak sel – sel yang normal lainnya. Reaksi yang ditimbulkan setelah melakukan kemo yaitu mulut terasa sakit, hilang cita rasa, mual, muntah, diare, perut terasa penuh, dan perubahan buang air besar. Hal demikian yang menyebabkan asupan makan menjadi berkurang.

Kita masuk pembahasan seperti di awal ya, yaitu cara mudah mencegah penyakit kanker dengan melakukan diet dan gizi seimbang. Kajian epidemiologi menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga kanker secara potensial dapat dicegah dengan memodifikasi diet kalian.

Tujuan diet

  1. Memberikan makanan seimbang untuk mencapai dan mempertahankan status gizi yang optimal.
  2. Mencegah penurunan badan secara drastis
  3. Mengurangi rasa mual

Tips mengatasi masalah makan pada penderita kanker

  • Bila Terjadi Penurunan Nafsu Makan

    Makan apapun yang kalian suka. Cobalah makan – makanan yang dingin, air jernih, es krim, milkshake, gelatin, pudding, semangka, anggur. Dan hindari minum sebelum makan.

  • Bila Terjadi Perubahan Pengecapan

    Tambahkan bumbu dari biasanya dan minumlah jus sebagai pilihan minuman kalian.

  • Bila Kesulitan Mengunyah dan Menelan

    Hindari makanan yang terlalu asam atau asin, kalian gunakan sedotan untuk minum, dan makan – makanan dengan kondisi lembut.

  • Bila Mengalami Mual dan Muntah

    Hindari makanan yang berlemak, makan atau minum dengan perlahan, hindari makanan terlalu manis agar mulut tidak terasa asam, batasi minum saat makan, dan jangan berbaring setelah makan.

     

Saran Menjalankan Diet
  1. Batasi mengkonsumsi daging merah hingga kurang dari 3x dalam seminggu, terutama yang dibakar ya.
  2. Kurangi memasak dengan banyak minyak.
  3. Jangan gunakan bahan makanan yang mengandung pengawet.
  4. Tingkatkan mengkonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan seperti wortel, tomat, broccoli.
  5. Sebagai pengganti daging merah, kalian bisa konsumsi daging ayam, ikan, telur dan susu.
  6. Makan denga porsi kecil tapi sering. Jangan sampai menunggu kelaparan.
  7. Masak makanan dengan matang sempurna. Jangan makan telur setengah matang.
  8. Jika kalian ingin makan snack maka harus yang memiliki kandungan tinggi kalori dan protein.
  9. Minum air putih 8 sampai 10 gelas perhari.

Nah, maka dari itu kalian pun harus rutin melakukan medical check up secara berkala untuk mengantisipasi timbulnya kanker saat stadium lanjut. Kami Plaza medis memiliki beberapa paket medical check up murah untuk karyawan maupun umum. Jadi tidak perlu khawatir uang kalian terkuras demi kesehata diri kalian sendiri

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit