Arti Medical Check Up – Kesehatan mahal harganya. Namun ketika sakit bisa jadi lebih mahal lagi biayanya. Untuk itu, sebagai langkah pencegahan, maka anda bisa melakukan medical check-up. Namun tahukah anda apa arti medical check up? Yuk, ketahui ulasannya di bawah ini.

Arti Medical Check Up

Pada dasarnya medical check-up dibutuhkan baik untuk laki-laki maupun perempuan, baik anak muda hingga orang yang berusia lanjut. Selain itu, orang yang terlihat sehat juga sangat penting melakukan medical check-up, terlebih lagi untuk memeriksa tingkat kesehatan dan kemungkinan adanya penyakit tertentu yang belum menunjukkan gejala.

Sehingga dapat dikatakan bahwa medical check-up merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Dengan melakukan pemeriksaan ini diharapkan suatu gangguan atau penyakit bisa dideteksi sejak dini. Tentunya tes ini sekaligus bermanfaat dalam merencanakan metode penanganan serta pengobatan secara tepat sebelum penyakit berkembang.

Ketika medical check-up dilakukan, maka pasien dapat menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan berupa konsultasi tentang keluhan yang sedang dirasakan, lalu ada pencatatan, hingga pemeriksaan yang berhubungan dengan riwayat kesehatan, lalu pemeriksaan tanda vital tubuh, serta kondisi fisik secara umum. Dengan biaya medical check up yang murah, tentunya anda tidak perlu sakit dulu jika ingin melakukan pemeriksaan fisik ini. Nah, setelah mengetahui arti medical check up, dan untuk anda yang belum pernah sebelumnya melakukan medical check-up, maka ada baiknya anda mengetahui hal-hal yang perlu diperiksa selama dilakukannya medical check-up seperti pada pembahasan di bawah ini.

Apa saja yang perlu diperiksa selama melakukan medical check-up?

Tidak ada runtutan baku pada prosedur medical check-up. Nah, secara umum yang perlu diperiksa ketika melakukan medical check-up diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Berat badan. Tahukah anda bahwa Indek masa tubuh (BMI) yang tidak normal bisa memicu terjadinya berbagai penyakit. Tentunya kegemukan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, osteoarthritis, diabetes tipe 2, stroke, kanker, dan hipertensi. Sehingga sangat penting memeriksakan BMI setahun sekali untuk orang yang berumur di atas 50 tahun dan 2 tahun sekali untuk yang berumur di bawah 50 tahun.
  • Gula darah. Tentunya tes ini dilakukan untuk orang yang berumur 45 tahun ke atas, yang dilakukan setidaknya 3 tahun sekali. Tetapi, untuk anda yang mempunyai risiko diabetes, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar dapat segera menjalani tes.

Selain beberapa hal di atas, hal lainnya yang perlu diperiksa seperti tekanan darah, kolesterol, kesehatan jantung, mata, kulit, telinga, gigi, tulang, Sifilis yang membutuhkan tes darah maupun pemeriksaan cairan yang berasal dari luka sifilis, HIV yang membutuhkan pemeriksaan antibodi, dan sebagainya.

Bila anda berencana melaksanakan medical check-up baik perorangan ataupun untuk karyawan anda di perusahaan, bisa dicek infonya di bagian bawah artikel ini.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat