Prosedur Pemeriksaan Medical Check Up Lengkap – Ketika melakukan medical check up, tentunya pasien akan melakukan sejumlah tahapan pemeriksaan. Tentunya bentuk-bentuk tes yang terdapat di medical check-up sangat beragam. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut prosedur atau rangkaian pemeriksaan medical check up lengkap.

 

Prosedur Pemeriksaan Medical Check Up Lengkap

Sebagian banyak orang bertanya, apa saja sih tes – tes yang dilakukan ketika kita menginginkan medical check up secara lengkap. Lalu berapa lama sih prosesnya. Nah, kali ini akan bahas rangkaian tes yang akan dilakukan saat melakukan pemeriksaan lengkap untuk dipahami.

Pemeriksaan riwayat kesehatan 

Untuk tahap awal, maka pasien akan ditanyakan tentang sejumlah keluhan kesehatan yang memang dialaminya. Selain itu, dokter pun akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang gaya hidup yang dijalaninya sehari-hari, misalnya saja seperti pola makan yang dikonsumsi, apakah sering merokok atau tidak, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga intensitas olahraga yang dilakukan. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tanda vital.

Nah, tanda-tanda vital yang akan diperiksa seperti frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, hingga tekanan darah.

Pemeriksaan fisik

Sebelum dilakukannya pemeriksaan fisik, maka dokter akan meminta pasien untuk melepaskan aksesoris dan pakaian yang menempel di tubuhnya, termasuk juga riasan wajah. Beri tahu dokter ketika anda merasa tidak nyaman saat melepaskan pakaian. Kemudian pemeriksaan fisik akan dimulai, mulai dari mengukur berat badan, hingga tinggi badan. Jika sudah, maka dokter akan memeriksa seluruh bagian tubuh secara teliti dari mulai kepala hingga kaki. Ketika diperiksa, maka anda bisa diminta untuk duduk, tidur terlentang, atau berdiri sesuai area yang nantinya akan diperiksa. 

Pemeriksaan penunjang

Pemeriksaan medical check up lengkap selanjutnya adalah pemeriksaan penunjang. Nah, pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pemeriksaan laboratorium, bisa dilakukan dengan sampel urin, tinja, dan darah untuk melihat berapa jumlah sel darah, kolesterol, gula darah, kelainan pada urin, hingga zat kimia yang merupakan penanda fungsi organ.
  • Pemeriksaan pencitraan, seperti foto rontgen dan USG digunakan agar dapat melihat kondisi organ seperti hati, paru-paru, limpa, kandung kemih, ginjal, pankreas, rahim pada wanita, dan prostat pada pria.
  • Pemeriksaan rekam jantung, adalah tes yang digunakan dalam merekam aktivitas listrik jantung yang memakai elektroda-elektroda kecil dan nantinya akan ditempel di kulit dada, tungkai, dan lengan.
  • Paps smear, tentunya paps smear ini disarankan untuk wanita yang sudah memasuki usia 21 tahun serta sudah pernah berhubungan seksual, yang dilakukan setiap 3 tahun sekali untuk mendeteksi kanker serviks. Jika sudah berusia 30 tahun, maka wanita sangat dianjurkan melakukan paps smear 5 tahun sekali. Dan yang sudah berusia 65 tahun, maka tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan ini jika tidak timbul keluhan.

Jika anda sudah mengetahui berbagai prosedur dari medical check-up ini, maka segeralah memeriksakan kesehatan anda sekarang juga di rumah sakit atau di klik terdekat. Yang pasti, biaya medical check up untuk kerja maupun orang pribadi yang perlu anda keluarkan masih tergolong murah.

Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan medical check up lengkap di plazamedis ya. Info medical check up perusahaan dan perorangan bisa dilihat di bawa artikel ini. Semoga bermanfaat!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat