Vitamin D Dapat Mencegah Infeksi Saluran Nafas – Vitamin D diketahui sangat penting bagi kesehatan tulang dan homeostasis kalsium. Namun sekarang terdapat bukti yang mendukung bahwa vitamin D memiliki peran pada respons imunitas dan inflamasi. Peneliti dari Universitas Copenhagen Denmark menemukan bahwa vitamin D berperan dalam aktivitas pertahan tubuh, dan tanpa asupan vitamin D yang cukup, sel pembunnuh dalam sistem imun, yaitu sel T, tidak akan beaksi dan melawan infeksi serius dalam tubuh.

Vitamin D Dapat Mencegah Infeksi Saluran Nafas

Mengapa harus vitamin D yang kita pastikan statusnya optimal di dalam tubuh? Ya, seperti yang telah diketahui Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sangat luas, dahulu mungkin hanya diketahui berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang namun semakin maju ilmu pengetahuan, manfaat luas vitamin D semakin banyak diketahui terutama fungsinya sebagai imunomodulator yang mampu meningkatkan kerja dari sistem imun bawaan kita.

Peranan Vitamin D ini juga sangat penting pada sistem pernafasan terutama untuk mencegah terjadinya penyakit pneumonia komunitas dapatan atau yang dikenal dengan Community-acquired pneumonia (CAP) seperti yang saat ini sedang pandemik. Status vitamin D yang optimal dapat meningkatkan produksi protein anti mikroba dalam tubuh yang mampu memproteksi diri dari bakteri, jamur dan virus. Selain itu fungsi vitamin D mampu melindungi dari cedera fungsi paru-paru dan meningkatkan pembersihan saluran pernafasan secara alami.

Namun sayangnya, status kekurangan vitamin D ini sangat umum terjadi di dunia, bahkan di Indonesia yang terkenal dengan daerah tropis angka kekurangan vitamin D cukup tinggi yaitu lebih dari 95%. Salah satu yang mempengaruhi adalah faktor genetik, variasi genetik orang di Indonesia umumnya menyebabkan gangguan metabolisme dalam mensintesis vitamin D didalam tubuh, sehingga vitamin D dalam tubuh cenderung rendah.

Oleh karena itu, pentingnya kita memastikan kecukupan status vitamin D kita dengan memeriksakan status vitamin D yang diukur dengan pemeriksaan Vitamin-25 (OH)D Total yang merupakan bentuk umum dari vitamin D yang bersirkulasi di dalam tubuh yang dengan jelas menggambarkan kecukupan vitamin D kita.

Dalam sejumlah penelitian didapatkan bahwa defisiensi vitamin D ternyata banyak dialami penderita infeksi saluran nafas. Vitamin D dapat menghambat respons inflamasi pulmoner serta meningkatkan mekanisme pertahanan innate melawan kuman patogen di saluran nafas. Adanya vitamin D yang cukup juga dapat meningkatkan kekuatan otot inspirasi dan uptake maksimal oksigen. Suatu meta-analisis yang dipublikasikan pada bulan Juni tahun 2013 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat mencegah infeksi saluran nafas, dengan dosis oral sekali sehari, setidaknya 200-400mg.

Sumber vitamin D yang baik untuk tubuh :

  •   Susu
  •   Telur
  •   Ikan
  •   Sereal
  •   Udang
  •   Jamur
  •   Tahu
  •   Minyak Ikan
  •   Keju
  •   Kedelai

Sumber ; CDK-224/vol.42 no.1, th.2015

http://wikivitamin.com/manfaat-dan-fungsi-vitamin-d-kalsiferol/

http://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detil_berita/599-peran-vitamin-d-dalam-pencegahan-dan-pengobatan-asma

http://manfaatnyasehat.com/sumber-vitamin-d/

http://www.magwuzz.com/2014/04/inilah-daftar-makanan-sumber-vitamin-d.html

Medical Check Up Perusahaan

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit