Apa Itu Rapid Test?
Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Rapid test bekerja dengan mendeteksi immunoglobulin. Dalam hal ini, seseorang yang terinfeksi akan membentuk antibodi yang disebut immunoglobulin, yang bisa dideteksi di darah. Sampel yang digunakan adalah sampel darah yang dapat berupa whole blood, plasma darah maupun serum. Waktu untuk mendapatkan hasilnya pun terbilang singkat Hasil rapid test dapat keluar hanya dalam waktu 15-20 menit.

Rapid test tidak digunakan untuk menegakkan diagnosa Covid-19 namun sebagai penapisan awal yang dapat digunakan karena metode ini lebih mudah dilakukan, memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih ekonomis dari segi harga. Sampai saat ini yang menjadi Gold standart dalam penegakkan diagnosa adalah Swab PCR.

 

Mengapa Anda harus melakukan Rapid Test ?
Rapid Test dilakukan untuk deteksi dini apakah ada paparan virus di dalam tubuh kita. Namun pada saat ini umumnya dilakukan apabila kita hendak bepergian antar kota, masuk sekolah maupun tempat kerja setelah sekian lama menjalani Work from Home. Mengapa ??? karena pada kondisi-kondisi tersebut anda akan terpapar dengan banyak orang dengan latar belakang yang majemuk, sehingga pihak penyelenggara merasa perlu berperan untuk meminimalisir penularan Covid-19 dengan memberlakukan Rapid Test sebagai syarat keamanan.
Kapan anda perlu melakukan pemeriksaan ?

Siapa saja yang perlu melakukan Pemeriksaan Covid-19

1. Memiliki keluhan yang mengarah seperti demam, batuk, pilek, sesak napas, penurunan penciuman, yang terjadi dalam kurun waktu 14 hari terakhir

2. Bila anda memiliki riwayat perjalanan ke daerah-daerah transmisi lokal corona virus disease 19 (Covid-19) terutama zona merah dan hitam

3. Bila anda memiliki kontak dengan pasien konfirmasi Covid 19 dalam 14 hari terakhir

4. Bila anda akan melakukan perjalanan keluar kota (baik lewat udara, darat maupun laut)

5. Bila anda memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi

6. Bila anda pekerja yg sering terpapar atau bertemu banyak orang

7. Bagi anda yang akan masuk kerja setelah WFH

8. Bagi anda yang akan melamar pekerjaan

9. Bagi anda yang baru mendaftar sekolah

Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan atau bekal pengetahuan Sahabat Kokits Medika mengenai Rapid Test