Selamat Siang Sahabat Klinik Kokits Medika Tangerang,
Bagaimana Kabarnya Kak?
Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang melakukan kegiatan di era “Adaptasi Kebiasaan Baru” ini seperti sediakala, seperti kegiatan di tempat kerja, sekolah atau tempat-tempat umum lainnya.

Virus yang satu ini yaitu Covid-19 sangat menimbulkan banyak permasalahan, dari masalah kesehatan sampai perekonomian, tapi tetap semangat ya kak, semoga pandemi ini segera pergi.

Oia, Kami mengingatkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku ya kak, kita harus tetap waspada walaupun sudah era adaptasi kebiasaan baru, tetap saja kita tidak bisa meremehkan virus corona ini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Covid-19 menyerang saluran pernapasan. Gejala yang ditimbulkan berupa demam, batuk, pilek, sesak napas, menurunnya sensitifitas indera penciuman bahkan dapat juga tanpa gejala.

Sebagaimana yang baru-baru ini dilansir oleh WHO bahwa penularan covid-19 tidak hanya melalui Droplet (percikan air liur) namun juga penularan secara Airborne. Itu artinya virus corona dapat bertahan diudara bebas lebih lama yaitu sekitar 8 jam di ruang terbuka dan dapat bertahan lebih lama pada ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk dan dapat menular lebih dari 1 meter .

Kami ingin berbagi tips bagaimana cara pencegahan penularan secara Airborne

1. Tetap taat padaa protokol adaptasi kebiasaan baru (memakai masker, pelindung mata dapat berupa kacamata APD maupun Faceshield, sering cuci tangan dan jaga jarak)

2. Perhatikan ventilasi di tempat anda menghabiskan banyak waktu (rumah, kantor/tempat kerja, sekolah) Ventilasi memiliki peran yang sangat penting. Apabila ventilasi baik maka sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk juga akan baik dan dapat menghambat pertumbuhan virus. Buka pintu dn jendela bila anda berada diruang tertutup

3. Hindari keramaian atau kerumunan

Terima kasih atas perhatiannya, Semoga Bermanfaat..
Salam hangat, Kokits Medika Tangerang