Persiapan dan Proses Medical Check Up yang Perlu Anda Ketahui ! – Ketika Anda akan melakukan medical check up, tentunya ada persiapan dan proses medical check up yang harus Anda lalui. Ulasan kali ini akan membahas tentang persiapan dan proses yang akan dilakukan ketika melakukan MCU atau Medical Check Up tersebut.

Persiapan dan Proses Medical Check Up yang Perlu Anda Ketahui !

Persiapan MCU

Sebelum Anda menjalani proses medical check up, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, selain biaya medical check up, antara lain :

  • Mencatat keluhan

Di sini akan dicatat berbagi macam keluhan yang pernah atau Anda alami saat ini, selain keluhan tentang fisik, Anda juga dapat menyampaikan keluhan tentang kondisi kesehatan mental, seperti rasa cemas, dan yang lainnya.

  • Mencatat riwayat kesehatan keluarga

Riwayat yang dimaksud di sini adalah informasi tentang riwayat kesehatan yang keluarga Anda alami. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu, apakah ada faktor risiko genetik atau tidak.

  • Mencatat obat yang sedang dikonsumsi

Jika Anda mengonsumsi obat, ketika melakukan MCU, sebaiknya informasikan hal tersebut, baik itu obat herbal atau obat dari dokter. Tidak ada salahnya jika membawa dan menunjukkan obat tersebut.

  • Membawa hasil pemeriksaan medis sebelumnya

Apabila sebelumnya, pernah ada tindakan medis tertentu, seperti imunisasi, operasi, fisioterapi, sebaiknya informasikan juga hal tersebut. Tidak lupa, bawa juga bukti akan hal tersebut.

  • Mencari tahu pemeriksaan seperti apa yang akan dijalani

Pada beberapa jenis kesehatan tertentu, Anda akan diminta untuk melakukan puasa selama 8 hingga 12 jam, sebelum pemeriksaan dilakukan. Tanyakan hal tersebut, pada pihak terkait.

Proses MCU

Ketika proses MCU dilakukan, akan ada beberapa proses test yang akan dilakukan, antara lain :

  • Pemeriksaan umum

Meliputi pemeriksaan kondisi jantung dan  paru-paru. Selan itu, ada juga pemeriksaan fisik lainnya, seperti pada sistem saluran cerna, dan yang lainnya.

  • Tekanan darah

Ada juga pemeriksaan tekanan darah, dimana pada orang dewasa umumnya, mempunyai tekanan sekitar 120/80 mmHg. Dengan melakukan pemeriksaan seperti ini, maka Anda akan mengetahui apakah kadar tekanan darah Anda normal, hipertensi atau hipotensi.

  • Suhu tubuh

Umumnya suhu tubuh manusia normal, rata-rata sekitar 36,5 hingga 37,5 derajat celcius. Sedikit lebih tinggi, atau sedikit lebih rendah, umumnya sangat dipengaruhi oleh aktivitas atau suhu yang ada di sekitarnya.

  • Detak jantung

Detak jantung dewasa normal, sekitar 60 – 100 per detik, ada juga yang lebih rendah, yang umumnya ditemukan pada banyak atlet. Pemeriksaan seperti ini, umumnya dilakukan pada pergelangan tangan atau mendengarkan langsung di detak jantung, menggunakan stetoskop.

  • Laju pernafasan

Untuk orang dewasa normal, umumnya sekitar 16 hingga 20 nafas per menit. Walaupun hal tersebut terkadang lebih atau kurang, karena beberapa hal seperti aktivitas fisik dan yang lainnya.

Dari adanya penjelasan tentang persiapan dan proses medical check up, seperti yang dijelaskan di atas, kini Anda jadi lebih yakin dan dapat melakukan proses MCU tersebut secara baik, dan benar, agar hasil yang diperoleh pun maksimal.

Bagi anda yang ingin melakukan medical check up masuk kerja, saat ini Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa klinik dan rumah sakit yang memiliki layanan medical check up. Selain bisa melihat dan membandingkan biaya medical check up untuk kerja dari beberapa klinik dan rumah sakit, anda juga akan mendapat layanan yang mudah dan personal. Semua proses dari mulai tahapan persiapan sampai dengan tahap laporan, anda akan terus dibantu dan dikawal oleh team dari Plazamedis.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat