Cek Darah Lengkap Apa Saja? – Cek darah ialah metode pengecekan sampel darah dan biasanya diambil dengan cara menusukkan jarum lewat pembuluh darah pada salah satu bagian tubuh, seperti lengan. Pengecekan darah berguna untuk mendeteksi sebuah penyakit, mendeteksi adanya racun, zat atau obat tertentu, mengetahui gangguan fungsi organ sekaligus memeriksakan keadaan medis secara keseluruhan pada pasien.

Sesudah sampel darah tadi diambil, selanjutnya dimasukkan pada botol kecil kemudian dilakukan pengecekan di laboratorium. Sampel darah yang sudah diambil tadi diperiksa menggunakan mikroskop lalu diuji menggunakan bahan kimia tertentu, sesuai dengan tujuan dan jenis tes darah itu sendiri.

Cek Darah Lengkap Apa Saja?

Jenis-Jenis Cek Darah

Jika Anda bertanya, cek darah lengkap seperti apa saja sih? Ini dia ulasannya:

  1. Cek darah lengkap

Pengecekan darah lengkap biasa disebut sebagai pemeriksaan hitung darah lengkap yang sebenarnya tanpa memberikan diagnosis definitif pada suatu kondisi. Walaupun demikian, tes darah ini bisa memberikan petunjuk tentang masalah kesehatan yang dialami oleh pasien yang mungkin saja terjadi.

Pengecekan darah ini biasanya dengan melihat jumlah sel darah putih, haemoglobin, trombosit, dan hematokrit.

  1. Laju Endap Darah

Cek darah ini biasanya dilakukan guna mengetahui tingkat keparahan peradangan pada tubuh. Peradangan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti tumor, infeksi, hingga penyakit autoimun. Pengecekan ini biasanya dilakukan dengan melihat tingkat kecepatan pengendapan sel darah merah ke bagian dasar tabung pengujian.

Pemeriksaan ini umumnya dilakukan guna mendiagnosis kondisi pasien yang mengalami endocarditis, polymyalgia rheumatica, radang sendi, penyakit Crohn, dan radang pembuluh darah.

  1. Uji protein C-Reaktif 

Pemeriksaan darah ini berguna untuk mendiagnosis adanya peradangan. Adapun CRP atau protein C-reaktif ini ialah protein yang dihasilkan oleh organ hati. Apabila protein C-reaktifnya melebihi normal, ini artinya ada peradangan pada tubuh pasien. 

  1. Tes Koagulasi

Pengecekan koagulasi dilakukan guna melihat apakah terjadi pembekuan darah atau tidak pada pasien, seperti halnya pada penderita hemofilia dan penyakit von Willebrand. Pemeriksaan koagulasi ini dilakukan dengan cara mengukur atau melihat seberapa cepat penggumpalan darah terjadi.

  1. Analisa Gas Darah

Pemeriksaan darah yang satu ini dilakukan untuk mengevaluasi pH darah sekaligus kadar gas yang terdapat dalam darah, baik itu gas karbondioksida maupun oksigen. Analisa gas darah merupakan pemeriksaan oleh dokter guna meninjau terjadinya gangguan keseimbangan pH tubuh seperti alkalosis dan asidosis, dilakukan untuk meninjau kinerja paru serta respon terapi gas oksigen di dalam paru-paru.

  1. Tes Fungsi Tiroid

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menguji sampel darah melalui kadar pengecekan hormone tiroid, tiroksin (T4), triiodotironin, dan TSH (thyroid stimulating hormone). Tes ini biasanya akan dilakukan apabila dokter mencurigai jika tiroid Anda terlalu aktif atau kurang aktif. Untuk harga medical check up pengecekan darah sendiri berbeda-beda tergantung jenisnya.

Jadi, jika Anda penasaran cek darah lengkap apa saja, itulah jenis-jenis pemeriksaan darah yang harus Anda ketahui. Namun sebenarnya masih ada lagi, seperti tes enzyme-linked immunosorbent assay, tes elektrolit, dan tes darah yang dilakukan untuk menilai adanya resiko penyakit jantung.

Jika anda sudah mengetahui berbagai pemeriksaan darah, maka segeralah memeriksakan kesehatan anda sekarang juga di rumah sakit atau di klik terdekat. Yang pasti, biaya medical check up yang perlu anda keluarkan masih tergolong murah. Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan medical check up lengkap di plazamedis ya. Info medical check up murah di Tangerang untuk perusahaan dan perorangan bisa dilihat di bawa artikel ini. Semoga bermanfaat!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat