Medical check up meliputi pemeriksaan apa saja? – Ya, sebelumnya mari kita pahami dulu tentang definisi medical check up itu sendiri. Medical check up (Medical check up) ialah pemeriksaan kesehatan dengan menyeluruh dan penting sekali dilakukan secara rutin dan teratur.

Pemeriksaan medical check up rutin ini harus dilakukan guna memantau kesehatan tubuh, menentukan metode pengobatan yang lebih lanjut sekaligus dapat mendeteksi dini gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Medical Check up Meliputi Pemeriksaan Apa Saja?

Sebenarnya tidak ada ketentuan baku dalam melakukan prosedur medical check up itu sendiri. Akan tetapi, umumnya dimulai dari pemeriksaan indeks masa tubuh atau BMI dengan mengukur sekaligus mengaitkan antara berat badan dan tinggi seseorang. Untuk biaya medical check up untuk kerja dan perorangan itu tentunya berbeda-beda di setiap rumah sakit. Adapun jenis-jenis pemeriksaan yang dilakukan saat medical check up ialah sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan Laboratorium

Pada pemeriksaan laboratorium, Anda diberikan pilihan jenis pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan hematologic, urine, dan pemeriksaan tinja.

  1. Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan jenis ini, biasanya memanfaatkan sinar radioaktif atau sinar X guna memberikan informasi tentang suatu kondisi penyakit melalui gambar/imaging/foto.

  1. Pemeriksaan Gula Darah

Pemeriksaan gula darah dilakukan agar seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Akan tetapi sebelum dilakukan pemeriksaan ini, Anda biasanya diminta berpuasa terlebih dahulu minimal selama 8 jam sebelumnya. Kadar gula darah yang normal ada di kisaran 70-100 mg/dL. Sedangkan Anda bisa dikatakan mengalami prediabetes apabila memiliki kadar gula darah di kisaran 100-125 mg/dL. Selain itu, Anda bisa dinyatakan mengalami gangguan diabetes apabila kadar gula darahnya di atas 126 mg/dL.

  1. Pemeriksaan Kolesterol 

Pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah juga masuk ke daftar rangkaian proses medical check up yang juga penting dilakukan. Jika Anda terbiasa memakan makanan yang berlemak tinggi, bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol yang berdampak pada masalah kesehatan lainnya, seperti stroke dan jantung.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika saat diperiksa kadarnya ada di bawah level 200 mg/dL. Namun, sebaiknya Anda harus memastikan tekanan darah di level normal, di kisaran 120/80, hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari penyakit hipotensi maupun hipertensi.

  1. Pemeriksaan Fungsi Jantung Menggunakan EKG

EKG atau Ekokardiografi merupakan pengecekan memakai alat khusus yang digunakan untuk mengamati keseluruhan kondisi jantung, baik fungsi maupun strukturnya. Alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan gelombang berupa suara ultrasonik, kemudian menghasilkan gambar berbentuk ekokardiogram yang di dalamnya menunjukkan kondisi kesehatan jantung seseorang.

Melalui pemeriksaan ini, struktur dan fungsi jantung bisa dinilai secara akurat dan langsung. Anda bahkan dapat mengetahui Gerakan pada katup jantung, aliran darah pada bilik jantung dan dinding jantung.

Itulah sebagian kecil tentang informasi meliputi pemeriksaan medical check up , yang harus Anda ketahui.

Saat ini di plazamedis, anda bisa melihat dan membandingkan jenis-jenis pemeriksaan medical check yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit di sekitar anda. Untuk info biaya general check up di klinik dan rumah sakit juga bisa dicek di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit