Pengertian medical check up – Medical check up secara umum yaitu pemeriksaan kesehatan dengan cara menyeluruh. Dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan suatu kondisi penyakit tertentu dapat dideteksi dari awal sejak dini. Pemeriksaan ini dilakukan untuk merencanakan pengobatan dan penanganan yang baik sebelum penyakit bertambah parah.

Pengertian medical check up

Ketika melakukan medical check up, biasanya pasien akan mengikuti serangkaian pemeriksaan secara menyeluruh, seperti berkonsultasi tentang keluhan apa saja yang dirasakan, pemeriksaan dan pencatatan yang berhubungan dengan riwayat kondisi kesehatan tertentu, kondisi fisik dan pemeriksaan tanda vital pada tubuh.

Tujuan Dilakukan Pemeriksaan

Sesudah kita membahas arti medical check up di atas, kita juga harus tahu tujuan dari medical check up itu sendiri. Meskipun tidak diwajibkan, tapi medical check up saat ini sudah menjadi rutinitas pemeriksaan kesehatan. Seorang pasien bisa berkonsultasi dengan dokter kapan pun tanpa harus menunggu sampai gejala penyakit semakin parah atau saat kondisi kesehatan menurun. Melakukan medical check up dengan rutin bisa meningkatkan peluang agar tetap sehat serta berumur lebih panjang.

Di bawah ini, ada beberapa tujuan dilakukannya medical check up, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengetahui kondisi tubuh terkini untuk mempersiapkan segala bentuk penanganan jika ditemukan gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.
  2. Mengetahui apa saja risiko gangguan kesehatan yang mungkin muncul di masa mendatang.
  3. Mendorong pasien agar beralih ke pola hidup sehat.

Sebelum Melakukan Medical Check Up

Selain mempersiapkan biaya untuk membayar harga medical check up di Rumah Sakit, ada hal-hal lainnya yang juga harus dipersiapkan sebelum melakukan medical check up. Pasien diwajibkan membawa data-data kesehatan penting sebagai penunjang, seperti hasil pemeriksaan kesehatan sebelumnya atau foto rontgen. Tanyakan pula ke pihak paramedis atau dokter tentang perlunya puasa terlebih dahulu sebelum pemeriksaan berlangsung.

Sebelum menjalankan rangkaian pemeriksaan, biasanya Anda akan diberikan kuesioner berisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan sekarang ini dan riwayat penyakit terdahulu. Anda juga diperkenankan untuk memberikan daftar herba, obat-obatan, atau suplemen yang tengah dikonsumsi saat ini. Setiap melakukan pemeriksaan medical check up ini, sebaiknya selalu didampingi kerabat dekat atau keluarga.

Prosedur Pelaksanaan Medical check up

Sebenarnya jenis-jenis tes medical check up itu sendiri bervariasi. Pemeriksaan tersebut biasanya disesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan, jenis kelamin dan usia pasien, Adapun pemeriksaan kesehatan dengan cara menyeluruh ini mencakup :

Pengecekan Riwayat Kesehatan

Dalam langkah ini, pasien terlebih dahulu akan ditanyakan tentang beberapa keluhan yang sedang dialami. Selain itu, dokter juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gaya hidup, mulai dari pola makan kebiasaan merokok, intensitas olahraga dan lainnya.

Pemeriksaan Tanda Vital

Pengecekan tanda vital ini biasanya meliputi pemeriksaan frekuensi pernapasan, frekuensi denyut jantung, tekanan darah dan suhu tubuh.

Pemeriksaan Fisik

Dokter biasanya akan meminta melepaskan aksesoris dan pakaian Anda terlebih dahulu sebelum dilakukan pemeriksaan fisik, tidak terkecuali rias wajah. Namun Anda bisa memberitahu paramedis jika And tidak nyaman apabila harus melepas pakaian.

Itulah ulasan dari medical check up, dan serangkaian proses pemeriksaan yang bisa dilakukan saat melakukan medical check up ke rumah sakit atau dokter.

Dan ada kabar gembira buat anda, bahwa Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa klinik dan rumah sakit yang memiliki layanan medical check up. Selain bisa melihat dan membandingkan biaya medical check up untuk kerja dan perorangan dari beberapa klinik dan rumah sakit, juga kamu akan diberitahukan terlebih dahulu persiapan-persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melaksanakan medical check up.

Semoga bermanfaat!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat