Contoh Medical Check Up Pada WanitaMedical check up merupakan proses pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang penting sekali dilakukan untuk memastikan gangguan kesehatan atau penyakit yang mungkin terjadi. Selain itu juga penting untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan tertentu yang dapat mengakibatkan penyakit serius. Medical check up sangat penting dilakukan, tidak terkecuali bagi wanita.

Seperti kita ketahui, kesadaran wanita dalam melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala memang masih rendah. Kenyataannya, melakukan deteksi dini suatu penyakit memang sangat penting, dari mulai pemeriksaan rutin dengan mengukur kadar haemoglobin dan tekanan darah, sampai pap smear. Jadi, meskipun harga medical check up tidaklah murah, Anda tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Biasanya medical check up pada wanita dapat dilakukan dari umur 18 tahun, tapi dalam kondisi tertentu seperti wanita yang sudah menikah muda meskipun usianya di bawah 18 tahun disarankan melakukan medical check up 6 bulan sebelum ia menikah.

Contoh Medical Check Up Pada Wanita

Di bawah ini ada beberapa jenis pemeriksaan kondisi kesehatan yang harus dilakukan wanita, diantaranya :

  1. Bagi wanita yang belum pernah berhubungan seksual

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan biasanya berupa pemeriksaan fisik serta penunjang umum, meliputi pemeriksaan fungsi ginjal dan hati, pemeriksaan hepatitis, pemeriksaan tiroid, pemeriksaan gula darah, torch, pemeriksaan payudara sendiri, dan USG perut.

  1. Bagi wanita yang telah menikah atau yang sudah berhubungan seksual secara aktif

Pengecekan kesehatan yang dilakukan sebenarnya bisa sama saja dengan pemeriksaan bagi wanita belum menikah, namun ditambahkan oleh pemeriksaan tertentu, seperti pemeriksaan papsmear untuk mendeteksi adanya risiko kanker mulut Rahim/serviks, dan pengecekan infeksi menular seksual.

  1. Pemeriksaan pada wanita setelah menopause

Bagi wanita yang telah melalui tahap menopause, biasanya harus dilakukan pemeriksaan kepadatan tulang. Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada wanita yang usianya di atas 65 tahun Sementara bagi wanita pasca menopause berusia 65 tahun ke bawah, bisa dilakukan pemeriksaan apabila ditemukan resko penurunan massa tulang, mulai dari berat badan rendah, pengguna obat-obatan yang berisiko tinggi, adanya riwayat patah tulang, atau menderita kondisi penyakit tertentu yang menyebabkan kehilangan massa tulang. Ini dikarenakan perubahan hormonal yang terjadi pasca menopause menjadikan wanita sangat rentan mengalami kehilangan kalsium yang nantinya bisa mengakibatkan osteoporosis. 

Kesehatan memang tidak mengenal usia dan jenis kelamin, entah itu wanita maupun pria harus mencegah berbagai jenis penyakit yang bisa sangat mengganggu dengan berbagai macam upaya pencegahan. Karena kita tidak tahu, kapan penyakit tersebut menyerang kita terutama bagi wanita yang sangat rentan mengalami berbagai indikasi gangguan penyakit tertentu. 

Maka dari itu, sebaiknya lakukan jenis medical check up wanita seperti di atas sesegera mungkin supaya semua gangguan kesehatan dapat terdeteksi dengan mudah sejak dini.

Dan ada kabar baik untuk para wanita yang ingin melakukan medical check up, bahwa Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa klinik dan rumah sakit yang memiliki layanan medical check up dengan paket medical check up murah. Disini anda bisa melihat dan membandingkan biaya medical check up yang disediakan oleh beberapa klinik dan rumah sakit, juga kamu akan diberitahukan program-program promo bulanan yang disediakan di kinik dan rumah sakit di sekitar anda. Sehingga anda dapat mendapatkan harga medical check up terbaik.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat