Turunkan Berat Badan dan Kolesterol dengan Mengkonsumsi Granola – dr. Yohan Samudra, SpGK – Granola merupakan makanan berupa sereal yang terdiri atas campuran gandum utuh, kacang dan buah-buahan kering. Setiap variasi granola mengandung nilai gizi yang berbeda, tergantung komposisi gula, lemak, kalori dan protein saat pengolahannya.

Turunkan Berat Badan dan Kolesterol dengan Mengkonsumsi Granola

Rutin mengkonsumsi granola dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung dan kanker karena mengandung zat-zat gizi berikut ini:

  1. Serat

Dalam 1/3 cup granola saja kita telah mendapatkan 4 gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Serat larut ini juga akan membantu mengontrol gula darah dan memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol asupan kalori, membantu menurunkan berat badan serta mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

  1. Lemak baik

Granola merupakan sumber lemak baik yang didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak yang terkandung di dalamnya. Satu saji granola memberikan 4 gram MUFA (monounsaturated fatty acid) dan 4 gram PUFA (polyunsaturated fatty acid). Dua lemak tak jenuh ini dapat menyehatkan sistem saraf dan otak, selain membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan peradangan, yang lebih lanjut akan mencegah penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

  1. Vitamin

Makanan gandum utuh seperti granola mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan sereal biasa, terutama vitamin E, thiamin dan folat. Minyak, kacang dan biji-bijian pada granola memberikan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kesehatan jantung, kulit dan sistem saraf dari senyawa radikal bebas yang bersifat merusak dan mengganggu kesehatan. Sedangkan thiamin dan folat adalah golongan vitamin B yang akan menambah energi, memperbaiki fungsi saraf, mengatur regulasi pertumbuhan sel dan mencegahan kelainan kongenital.

  1. Sumber mineral

Granola mengandung magnesium, fosfor, zinc, copper, mangan dan selenium. Magnesium dibutuhkan oleh sekitar 300 enzim untuk bereaksi, termasuk menghasilkan energi serta memelihara kesehatan tulang. Fosfor penting dalam keseimbangan asam basa tubuh dan memproduksi protein. Selenium, zinc, copper dan mangan penting untuk pembentukan jaringan tubuh, sel darah merah dan tulang, serta menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, imunitas, kelenjar thyroid dan kesehatan secara keseluruhan.

  1. Prebiotik

Penelitian meta analisis tahun 2016 yang mengaitkan penurunan kolesterol dengan mengkonsumsi granola juga menemukan adanya peran prebiotik dari makanan ini. Prebiotik adalah makanan jenis serat yang dibutuhkan mikrobiota atau kuman baik di saluran pencernaan kita agar dapat berperan dalam menunjang kesehatan kita. Kuman baik yang sehat juga akan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh kita.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. BonusĀ  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat