Mengenal Medical check up perusahaan – Medical check up perusahaan ialah pemeriksaan kesehatan untuk calon karyawan atau karyawan dalam suatu perusahaan. Tujuan pemeriksaan kesehatan ini untuk mendeteksi dan mengidentifikasi gangguan kesehatan secara dini yang mungkin saja dialami karyawan yang disebabkan oleh faktor tertentu yang terjadi di lingkungan pekerjaan.

Mengenal Medical Check up Perusahaan

Jika kesehatan karyawan terjamin, didukung oleh keamanan lingkungan kerja, selain berpengaruh pada produktivitas dan kinerja karyawan, juga dapat berpengaruh pada produktivitas serta reputasi perusahaan itu sendiri secara keseluruhan. Untuk biaya medical check up untuk kerja karyawan biasanya ditanggung oleh pihak perusahaan.

Apa Saja Tujuan Medical Check Up Karyawan?

Tujuan dari medical check up yaitu untuk mengetahui keadaan medis atau kondisi kesehatan dan keselamatan kerja karyawan terkini. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya :

  1. Dapat menentukan kemampuan para karyawan untuk melakukan pekerjaan, sehingga bisa meminimalkan risiko penyakit dan kecelakaan yang terjadi saat bekerja.
  2. Mengetahui gejala gangguan kesehatan secara dini, sehingga bisa meminimalkan risiko sekaligus dapat menentukan metode penanganan selanjutnya dengan tepat.
  3. Dapat meningkatkan kesadaran pada karyawan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, mematuhi peraturan K3 di dalam perusahaan, seperti memakai APD (alat pelindung diri).

Jenis-Jenis Pemeriksaan Karyawan

Dalam pemeriksaan medical check up perusahaan untuk karyawan, ada beberapa jenis yang biasanya dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, diantaranya :

  1. Medical Check Up sebelum kerja, adalah pemeriksaan kesehatan bagi calon karyawan sebelum mereka diterima bekerja. Jenis pemeriksaan ini biasa dikenal dengan istilah pre employment medical check up.

  1. Medical Check Up berkala atau regular medical check up, biasanya dilakukan dengan cara berkala. Pemeriksaan kesehatan ini umumnya berlangsung sekali dalam setahun, sesuai potensi resiko dan bahaya di lingkungan pekerjaan.

  1. Medical Check Up khusus, adalah pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi adanya pengaruh pekerjaan pada para karyawan atau golongan karyawan tertentu.

Adapun pemeriksaan medical check up untuk karyawan ini terdiri atas serangkauan pemeriksaan yang mencakup pengecekan riwayat kesehatan, pengecekan tanda vital tubuh, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab, audiometry, spirometry, foto USG dan rontgen, dan EKG (elektrokardiografi).

Umumnya pemeriksaan dilakukan menyesuaikan faktor resiko/bahaya dan usia karyawan yang ada dalam lingkungan kerja. Seperti bagi pekerja yang biasanya bekerja di lingkungan yang bising akan diadakan tes pendengaran atau audiometri dengan cara berkala. Bisa juga pada karyawan yang lingkungan kerjanya berkaitan dengan bahan-bahan kimia tertentu, mereka akan dilakukan pengecekan dan monitoring besarnya kandungan zat kimia yang ada dalam darah.

Setelah itu, hasil yang dilakukan jasa medical check up perusahaan pada karyawan biasanya akan dilakukan evaluasi oleh pihak dokter perusahaan. Ada beberapa kriteria yang menentukan status kondisi kesehatan para karyawan, diantaranya fit to work (sehat dan aman bekerja), fit with restriction (sehat melakukan suatu pekerjaan tapi ada batasan pekerjaan), temporary unfit (mempunyai gangguan kondisi kesehatan yang bisa menimbulkan bahaya), dan permanent unfit (karyawan tidak bisa bekerja karena bisa menimbulkan bahaya baik bagi diri sendiri maupun untuk pekerja lainnya).

Adapun bagi yang ingin melaksanakan medical check up, info medical check up perusahaan dan perorangan bisa dilihat di bagian bawah artikel ini.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit