5 Prosedur Medical Check Up Untuk Tes Kerja – Salah satu persyaratan yang akan dilakukan, ketika Anda akan melamar kerja, belakangan ini adalah Medical Check Up, atau yang disingkat menjadi MCU.

Pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh tersebut, ada beberapa prosedur atau cara medical check up yang akan dilakukan. Mari kita bahas satu persatu prosedur untuk medical check up ketika akan tes kesehatan untuk kerja.

5 Prosedur Medical Check Up Untuk Tes Kerja

Dalam hal ini ada beberapa tahapan yang akan dilakukan untuk melakukan prosedur yang dilakukan oleh jasa pemeriksaan kesehatan karyawan antara lain :

1. Memeriksa riwayat kesehatan

Yang dimaksud dengan memeriksa riwayat kesehatan di sini adalah memeriksa kondisi dan riwayat kesehatan pasien atau orang yang akan bekerja tersebut. Ini adalah cara medical check up yang pertama kali akan dilakukan. Dalam hal ini pasien atau orang yang akan melamar kerja, akan ditanya akan beberapa pertanyaan dasar, seperti pernah sakit berat, dan hal-hal lainnya. Jika mengonsumsi obat maka akan ditanya obat apa, diperoleh dari mana, dan diharapkan obat tersebut dibawa dan ditunjukkan, pada dokter yang bersangkutan.

2. Memeriksa tanda vital

Berikutnya adalah memeriksa tanda-tanda vital yang ada di dalam tubuh. Proses pemeriksaan yang satu ini, sudah masuk ke dalam biaya medical check up untuk kerja, yang dibayar sebelumnya. Di dalamnya, Anda akan melakukan serangkaian test, mulai dari frekuensi denyut jantung, frekuensi pernafasan, suhu tubuh, tekanan darah, dan yang lainnya. Umumnya, hal ini akan dilakukan oleh 1 orang dokter.

3. Memeriksa kondisi fisik

Berikutnya adalah memeriksa kondisi fisik, dalam hal ini, Anda pun akan melakukan serangkaian test. Adapun test yang dimaksud antara lain menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan. Selain itu, ada juga test lanjutan, seperti memeriksa kondisi kepala, leher, bahkan paru-paru, jantung, kulit dan juga syaraf. Beberapa perusahaan bahkan akan melakukan test rontgen, untuk mengetahui kondisi paru-paru dari calon pekerja tersebut.

4. Pemeriksaan laboratorium

Tahapan pemeriksaan berikutnya adalah pemeriksaan laboratorium. Dalam hal ini, Anda akan ditangani oleh seorang perawat. Adapun pemeriksaan laboratorium ini umumnya akan meliputi 2 hal, yaitu melakukan tes urin dan mengambil sampel darah.  Pada saat akan melakukan proses pengambilan urin, umumnya pasien akan diminta untuk mengonsumsi air dalam jumlah banyak, untuk kemudian buang air kecil, dan sebagian air seninya, akan dimasukkan ke dalam botol sampel khusus. 

5. Tes buta warna

Ini termasuk salah satu test yang juga umum dilakukan oleh banyak perusahaan. Dimana para calon karyawannya diminta untuk melakukan test warna dan angka yang tertera pada gambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya. gambar yang akan diberikan hanyalah berupa titik – titik dengan pola warna tertentu, yang di dalamnya terselip angka atau huruf tertentu. Anda dalam hal ini harus membaca angka dan nomor yang tertera tersebut.

Dari ulasan tentang cara medical check up, untuk para calon pegawai tersebut, tentunya tidak sulit. Jadi Anda tidak perlu was-was ketika akan melakukan rangkaian tes tersebut, hanya pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat, dan tidak mengonsumsi obat atau makanan yang dapat menyebabkan hasil tes jadi kurang maksimal.

Dan bagi anda yang ingin melakukan medical check up masuk kerja, saat ini Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa klinik dan rumah sakit yang memiliki layanan medical check up pra kerja. Selain bisa melihat dan membandingkan biaya medical check up dari beberapa klinik dan rumah sakit, anda juga akan mendapat layanan yang mudah dan personal. Semua proses dari mulai tahapan persiapan sampai dengan tahap laporan, anda akan terus dibantu dan dikawal oleh team dari Plazamedis.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit