Tiga Faktor Penyebab Berat Badan Sulit Turun Kembali – dr. Yohan Samudra, SpGK – banyak pertanyaan – pertanyaan ketika kita melihat seseorang dengan kondisi badan yang gemuk. 

Udah makan sehat?

Udah diet?

Udah olah raga?

Tapi masih gemuk?

Tiga Faktor Penyebab Berat Badan Sulit Turun Kembali

Tiga faktor di bawah ini bisa menjadi alasan mengapa berat badan tidak mau turun (lagi)!

  1. Sindrom Yo-yo

Orang yang dulunya pernah gemuk, lalu berat badannya turun, kemudian berat badannya naik kembali, akan lebih mudah menjadi lebih gemuk dan tentunya akan lebih sulit menurunkan berat badannya lagi dibandingkan sebelumnya. Kondisi yang dikenal sebagai Sindrom Yo-yo ini disebabkan oleh karena jaringan adiposa (kantong lemak) yang terdapat di seluruh tubuh tidak hanya ukurannya yang membesar, namun jumlahnya pun dapat bertambah. Jika jumlahnya sudah banyak, maka saat asupan kalori kita berlebihan dan tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak, akan menjadi lebih mudah mengisi wadahnya.

  1. Work hard, play hard

Pekerjaan dan aktivitas yang semakin cepat dengan tekanan tinggi sangat berperan dalam menaikan berat badan. Ketika kita stress, trio hormon stress yang bernama adrenalin, epinefrin dan kortisol akan meningkat, dan secara alami mulai mempersiapkan energi berupa glukosa di tubuh. Mekanisme ini dikenal sebagai ‘fight or flight’ yang artinya saat stress, tubuh bersiap untuk bertempur atau menghindar. Kedua pilihan ini sama-sama membutuhkan energi siap pakai. Tidak hanya membuat lelah dan menghabiskan energi, kondisi ini juga akan meningkatkan sinyal lapar kita, sehingga dorongan untuk makanpun bertambah. Tingkat stress tinggi dalam jangka panjang juga akan menurunkan rasa bahagia, dan kombinasi semua hal ini berdampak pada kecenderungan memilih jenis makanan super enak tinggi kalori (hyper palatable food), cemilan yang memberikan rasa nyaman (comfort food), minuman manis, soft drink hingga alkohol.

  1. Gangguan pola tidur

Regulatory hormon atau hormon yang berperan dalam proses pembangunan dan regenerasi sel banyak diproduksi saat kita tidur di malam hari. Kebiasaan begadang yang umumnya juga disertai konsumsi cemilan cepat saji atau makanan kemasan tinggi kalori akan berdampak pada penambahan jumlah total kalori harian. Kalori ekstra di jam yang seharusnya tanpa-makanan ini akan cepat ditimbun oleh tubuh, apalagi setelahnya kita tidur.

Maka dari itu, penting untuk kita menjalani pola hidup sehat secara menyeluruh, karena tingkat kesehatan seseorang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang saling berkaitan. Meski sebagian hari kita telah diisi dengan jenis makanan sehat dan olahraga teratur, namun jika pola tidur dan tingkat stress tidak dikelola dengan baik, dapat memperlambat proses penurunan berat badan dan mencapai tingkat kesehatan yang optimal.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit

WhatsApp chat