Medical check up Murah Meliputi Apa Saja – Jenis Pemeriksaan dan Prosedur Medical check up Murah. Mencari medical check up murah bukan cuma memudahkan pembiayaan, melainkan juga membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan pemeriksaan terpercaya dengan anggaran yang terjangkau. Lewat proses ini, beberapa orang dapat melanjutkan konsultasi apabila dibutuhkan untuk  menerima pengobatan yang lebih serius.

Medical check up Murah Meliputi Apa Saja

Seperti anjuran yang sering Anda dengar, “mencegah lebih baik daripada mengobati” dan medical check up adalah contoh konkret yang bisa diterapkan. Lantas, medical check up meliputi apa saja dan persiapan apa yang dibutuhkan untuk mengoptimalkannya?

Tujuan dan Persiapan Check Up

Secara umum, medical check up membantu seseorang, baik yang sehat maupun yang telah divonis penyakit tertentu, untuk memahami kondisi kesehatan dengan akurasi tinggi. Selain itu, berbeda dari anggapan kebanyakan orang, medical check up direkomendasikan untuk segala macam usia. Jadi, peluang hidup Anda akan semakin panjang dan terjamin.

Setiap orang mempunyai tingkat kesehatan berbeda. Oleh karena itu medical check up yang diberikan akan mengikuti kondisi individu. Kemudian, sebelum membahas tes medical check up meliputi apa saja, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Meninjau riwayat medis anggota keluarga mengingat peluang Anda terjangkit penyakit bisa disebabkan faktor keturunan;
  • Cari tahu peluang Anda menerima vaksinasi atau pemeriksaan umum;
  • Mencatat setiap masalah, keluhan, atau gangguan medis yang Anda alami, khususnya pada jenis yang sering dirasakan tubuh.

Jenis-jenis medical check up dan prosedurnya

Medical check up Murah Meliputi Apa Saja – Sebagian besar dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dalam medical check up yang mencakup standar detail hingga berdasarkan jenis kelamin. Berikut ini adalah beberapa pemeriksaan yang biasanya dilakukan saat menjalani medical check up yang biayanya relatif murah:

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan oleh seorang dokter. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dari ujung rambut sampai ujung jari (kaki). Dari pemeriksaan fisik ini bisa didapatkan banyak informasi dari kondisi Kesehatan seseorang.

1. Tes tekanan darah.

Tes tekanan darah atau blood pressure test adalah jenis yang paling sering dilakukan pada saat menjalani pemeriksaan medical check up. Normalnya, tekanan darah pada orang dewasa berada di angka 120/80. Lantas lewat pemeriksaan ini, Anda akan mengetahui apakah tekanan darah sedang tinggi (hipertensi) atau rendah (hipotensi). Dokter akan menggunakan alat bernama Sphygmomanometer yang dilengkapi stetoskop, manset lengan, serta pompa dan dial dengan perangkat digital. Prosedur tes tekanan darah mencakup: Merekatkan manset pada pergelangan tangan Anda. Manset lalu dipompa untuk mengetahui aliran darah di sekitar lengan; Selama beberapa detik, Anda mungkin akan merasakan lengan sedikit tertekan. Akan tetapi, tekanan akan segera mereda, terutama saat manset dilepaskan. Dokter lalu akan memeriksa getaran arteri memakai stetoskop; Hasil tekanan dari maset akan direkam dalam dua titik, yakni saat aliran darah kembali ke tangan.

2. Tes denyut nadi.

Pemeriksaan denyut nadi terbilang cepat dan praktis. Rata-rata denyut nadi normal manusia berkisar dari 60 hingga 100, tetapi ada yang berada di bawah 60 dan dinyatakan tak bermasalah.

3. Pemeriksaan Mata.

Merupakan salah satu pemeriksaan medical check up yang biasanya dilakukan. Dokter biasanya melakukan pemeriksaan konjunctiva (bagian belakang kelopak mata bawah) dan sklera (bagian putih bola mata). Pada pemeriksaan konjunctiva, seorang dokter bisa mengetahui apakah seseorang memiliki kondisi kurang darah atau tidak (anemia). Pada seorang penderita kurang darah, maka konjunctiva orang tersebut akan berwarna pucat (putih). Sedangkan pada pemeriksaan sklera, bisa didapatkan informasi adanya kondisi sakit kuning (icterus). Bila ditemukan kondisi ini pada seseorang, maka bisa disimpulkan ada suatu masalah pada hati orang tersebut (liver), biasanya disebabkan karena penyakit hepatitis dengan segala banyak penyebabnya. Pada penderita hepatitis biasanya akan terjadi peningkatan bilirubin darah di atas nilai normal. Dan meningkatnya bilirubin darah tersebut, akan ditampakkan pada bagian putih bola mata yang menjadi berwarna kuning. Selain kedua pemeriksaan pada mata tersebut, juga bisa dilihat, kelainan-kelainan lain pada mata seperti pterygium, katarak, strabismus dll.

4. Pemeriksaan Telinga Hidung Tenggorok

Pada pemeriksaan hidung, dokter mencari kondisi-kondisi abnormal pada hidung seperti sekret hidung, deviasi septu dan abnormalitas bentuk hidung. Pada telinga, bisa ditemukan kelainan-kelainan pada telinga, seperti : liang telingan buntu (atresia liang teling), sekret pada telinga pada penderita radang telinga menahun (otitis media supuratif kronis), gendang telinga yang tidak utuh, dll. Pada pemeriksaan tenggorokan, biasanya pasien diminta oleh dokter untuk membuka telinga untuk melihat kondisi tenggorok. Pada tenggorokan yang mengalami peradangan, biasanya akan menunjukkan warna kemerahan.

5. Pemeriksaan mulut dan gigi.

Pada saat pemeriksaan tenggorokan, dokter biasanya juga sekalian memeriksa kondisi mulut dan gigi. Banyak kelainan-kelainan pada mulut yang biasanya ditemui, seperti sariawan (SAR), gigi bolong (caries), dan kelainan-kelainan lain.

6. Pemeriksaan dada.

Dokter akan meletakan alat bantu dengar yang bernama stetoskop. Dari pemeriksaan menggunakan alat ini, dokter akan mendengarkan suara nafas dari paru-paru dan suara detak jantung. Hanya dengan mendengar suara-suara tersebut, dokter sudah bisa menduga, apakah ada kelainan paru dan jantung. Kelainan-kelainan yang bisa didapatkan antara lain : asma, bronchitis, kelainan katup jantung dll.

7. Pemeriksaan perut.

Sama dengan pemeriksaan dada, dokter juga menggunakan stetoskop untuk mendengar suara bising usus. Pada pemeriksaan ini, bisa dapatkan apakah ada kondisi pergerakan usus yang berlebihan atau bahkan hilang sama sekali. Selain menggunakan pemeriksaan dengan stetoskop, dokter juga biasanya mengetuk, meraba dan menekan bagian-bagian perut. Dari aktivitas ini, bisa ditemukan kondisi peradaangan pada lambung, pembesaran hati dan limpa, peradangan pada usus buntu dll.

8. Pemeriksaan lain.

Selain pemeriksaan-pemeriksaan yang disebutkan di atas, banyak tehnis pemeriksaan fisik yang bisa dilakukan oleh dokter medical check up untuk menemukan berbagai kelainan pada tubuh seseorang seperti : pemeriksaan tajam penglihatan, pemeriksaan leher, pemeriksaan tungkai, pemeriksaan alat kelamin dll.

Darah Lengkap

Pemeriksaan darah lengkap sering menjadi pemeriksaan standar pada medical check up murah. Karena pada pemeriksaan ini, bisa menjadi gerbang untuk mengetahui kelainan-kelainan yang terjadi pada tubuh seseorang. Untuk melakukan pemeriksaan medical check up menggunakan metode ini, seseorang biasanya diambil darahnya terlebih dahulu, melalui pembuluh darah di lengan atas menggunakan jarum suntik. Diambil darah sebanyak 2-3 cc lalu dimasukkan ke dalam tabung dengan tutup berwarna ungu yang disebut tabung EDTA. Lalu tabung tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan mesin hematologi. Hasil medical check up berapa lama akan keluar untuk pemeriksaan darah lengkap? Anda biasanya akan segera menerimanya kira-kira 1-2 jam. Dari pemeriksaan tersebut, bisa didapatkan hasil kelainan kadar hemoglobin, yang menandakan seseorang menderita anemia atau gejala kurang darah, peningkatan sel darah putih yang menandakan seseorang sedang menderita suatu penyakit infeksi, atau penurunan trombosit yang memberikan tanda seseorang diduga menderita demam berdarah. Lalu ada juga indicator hitung jenis sel darah putih, yang memberikan petunjuk, penyebab penyakit infeksi yang diderita oleh seseorang.

Urin Lengkap

Sama halnya dengan pemeriksaan darah lengkap, dari pemeriksaan medical check up menggunakan sampel urin ini juga bisa ditemukan berbagai kelainan pada tubuh kita khususnya, ginjal dan saluran kemih. Tapi tidak menutup kemungkinan juga dapat mengetahui kelainan di dalam tubuh secara umum. Anda akan diminta untuk mengumpulkan urin dalam sebuah wadah yang disebut pot urin. Kira-kira dikumpulkan sebanyak setengah dari volume maksimal pot urin. Lalu urin tersebut akan diperiksa oleh petugas, bisa dengan menggunakan alat atau rapid test urin. Dengan kedua metode tersebut, bisa didapatkan kelainan-kelainan pada ginjal dan saluran kemih seperti : infeksi saluran kemih, protein pada urin, darah pada urin, keton pada urin, dan berbagai kelainan lainnya seperti bilirubin pada urin yang menandakan seseorang menderita hepatitis atau gangguan pada hati.

Pemeriksaan rontgen

Dalam medical check up  murah di Jakarta, para penyedia jasa medical check up sering memberikan pemeriksaan rontgen kepada peserta/pelanggan medical check up murah sebagai standar pemeriksaan medical check up murah. Dengan pemeriksaan ini bisa didapatkan gambaran kelainan paru secara visual, seperti radang saluran pernapasan (bronchitis), radang paru-paru (pneumonia), radang saluran pernafasan dan jaringan paru (bronchopneumonia), tuberculosis, dll. Juga bisa didapatkan gambaran pembesaran jantung (kardiomegali), pembesaran pembuluh utama yang keluar dari jantung (elongasio aorta), dll. Pemeriksaan ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil khususnya hamil trimester pertama karena bisa menggantu pertumbuhan janin di masa itu.

Tes kadar kolesterol

Kemudian, ada beberapa penyedia medical check up murah yang menyediakan tes kadar kolesterol atau cholesterol level test untuk mengetahui konsentrasi kolesterol. Kolesterol  adalah salah satu faktor yang meningkatkan potensi penyakit jantung hingga stroke. Dokter akan menganjurkan Anda menghindari jenis makanan apa pun selain minum air putih selama kurang lebih 14 jam.

Setelah mempelajari contoh form medical check up dan mengisinya, Anda akan diminta mengikuti prosedur berikut:

  • Sampel darah Anda akan diambil memakai alat tes kolesterol yang dilengkapi lancing pen dan jarum; Kemudian, jarum ditusukkan ke ujung jari Anda. Darah yang dikeluarkan pun diresapkan ke strip pengukur; Setelah pengambilan darah dalam medical check up murah selesai, ujung jari dibersihkan memakai kapas beralkohol. Hasil pemeriksaan sendiri bisa Anda lihat langsung lewat layar digital yang disiapkan dokter. Selain lewat prosedur di atas, dokter menggunakan band elastis atau Tourquite untuk mengambil darah lewat vena di lengan, tepatnya di dekat bagian dalam siku.
Tes kadar gula darah

Berapa lama hasil medical check up keluar untuk tes kadar gula darah? Seperti tes-tes sebelumnya, hasil blood glucose test dapat Anda lihat selepas pemeriksaan. Dokter akan memakat alat tes gula darah digital untuk mengetahui kadar gula dalam darah. Dalam keadaan normal, tensi akan berada di angka 70-130 mg/DL (sebelum makan) dan 140 mg/DL (setelah makan). Jika terlalu tinggi, maka Anda mengalami hiperglikemia, sementara kalau rendah berarti hipoglikemia.

Kemudian, agar hasil tes akurat, dokter menganjurkan Anda berpuasa selama 14 jam. Anda masih diizinkan untuk minum air putih. Sementara itu prosedur yang diberlakukan untuk menjalankan fungsi medical check up mencakup :

  • Dokter akan mengambil sampel darah dari salah satu jari. Jari tersebut lantas dibersihkan menggunakan kapas beralkohol supaya lebih steril;
  • Selanjutnya, jari akan ditusuk dengan jarum yang dipasangkan pada lancing pen;
  • Darah yang keluar dari ujung jari akan ditempatkan pada strip pengukur. Dari sini, Anda akan bisa melihat hasil yang ditampilkan pada monitor.
  • Metode lain yang dilakukan dokter dalam tes kadar gula darah adalah dengan band elastis.

Nah gimana, sudah dapat kan gambaran tentang medical check up murah berikut pemeriksaan-pemeriksaan yang biasanya disediakan untuk medical check up murah.

Sebagai informasi, bila anda sebagai managemen perusahaan yang ingin melakukan kegiatan medical check up perusahaan, dan ingin menanyakan seputar info jasa pemeriksaan kesehatan karyawanAkan banyak penawaran-penawaran menarik bagi perusahaan yang ingin melakukan medical check up bagi karyawan ditambah dengan banyak keuntungan dan nilai tambah.

Dan juga ada kabar gembira buat anda semua yang biasa melakukan medical check up rutin di klinik dan rumah sakit, Plazamedis telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dan klinik yang menyediakan layanan medical check up. Jadi anda tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke klinik dan rumah sakit hanya sekedar menanyakan harga dan paket medical check up yang tersedia. Atau anda mengunjungi web resmi masing-masing rumah sakit dan klinik tersebut. Di Plazamedis, anda bisa melihat seluruh layanan paket medical check up yang disediakan oleh rumah sakit dan klinik di sekitar anda.

Lalu gimana caranya untuk mendapatkan layanan medical check up tersebut?

Medical check up Murah Meliputi Apa Saja  – Anda tinggal menyelesaikan proses pembelian tiket medical check up di plazamedis. Caranya seperti anda berkunjung ke website – website toko online. Pilih Bayar Pakai. Dan bila anda melakukan pembelian tiket medical check up di Plazamedis, bisa jadi harga yang akan anda dapatkan lebih murah daripada harga medical check up di rumah sakit atau klinik tersebut bila anda datang langsung kesana. Belum lagi ada discount dan hadiah-hadiah menarik menanti anda.

Semoga proses mencari medical chek up murah Anda berjalan lancar!

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. Bonus  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit