Minuman Manis Dapat Meningkatkan Kolesterol – dr. Yohan Samudra, SpGK – Tingginya kolesterol dalam darah tidak semata-mata berasal dari produk makanan hewani saja seperti selama ini kita dakwakan. Telur puyuh, lemak daging, kuning telur, cumi dan golongan seafood lainnya memang mengandung lemak yang akan diubah menjadi kolesterol setelah kita makan, tapi ternyata minuman pun bisa menjadi penyebabnya.

Minuman Manis Dapat Meningkatkan Kolesterol

Kolesterol di dalam tubuh terdiri atas kolesterol total, LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein) dan trigliserida. Kolesterol jenis trigliserida inilah yang dapat meningkat jika kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi secara berlebihan, seperti alkohol, soda, minuman kemasan, teh boba brown sugar berbagai macam topping, hingga kopi kekinian.

Selain meningkatkan trigliserida, konsumsi minuman mengandung jenis gula fruktosa ini juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan dalam jangka panjang akan menimbun lemak tubuh. Umumnya, jenis minuman seperti ini juga sering ditambahkan krimer kental manis ataupun whipped cream yang merupakan lemak jenuh, sehingga hal ini juga akan berdampak kepada peningkatan kadar LDL. Peningkatan berat badan, gula darah, kadar trigliserida dan LDL ini tentu saja akan menimbulkan berbagai risiko kesehatan yang lebih serius seperti hipertensi, diabetes melitus, serangan jantung, hipertensi dan stroke dalam jangka panjang.

Jika konsumsi fruktosa yang berlebihan dari minuman dapat membahayakan kesehatan, lalu bagaimana dengan fruktosa yang terkandung di buah-buahan? Apakah konsumsi buah juga dapat membahayakan kesehatan?

Jawabannya “TIDAK”.

Meski kandungan gula utama pada buah adalah jenis fruktosa, namun fruktosa di sini terlarut dalam sejumlah besar air yang juga terkandung dalam buah. Kandungan serat alami yang ditemukan pada buah-buahan juga akan membantu memperlambat absorbsi fruktosa di dalam pembuluh darah, sehingga kita tidak akan mengalami peningkatan fruktosa yang tinggi secara tiba-tiba dalam satu waktu seperti saat mengkonsumsi minuman manis. Selain itu, tentu saja buah-buahan juga akan memberikan nutrisi baik seperti vitamin, mineral dan antioksidan, berbeda dengan minuman manis tinggi kalori karena gula semata.

Perlu dicatat, bahwa kata kunci dalam setiap mengkonsumsi makanan dan minuman adalah dengan tidak berlebihan. Karena konsumsi buah-buahan secara berlebihan pun juga dapat memberikan efek samping seperti gangguan pencernaan atau kekurangan zat gizi lain yang terdapat dari sumber makanan lain seperti sumber hewani.

Badan kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) menyarankan untuk dapat mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya dengan asupan gula tambahan harian tidak lebih dari 35 gram. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi dan mengkombinasi berbagai macam jenis buah, sehingga kita dapat melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral dalam pola makan kita.

Medical Check Up Perusahaan

Dapatkan penawaran terbaik dari Plazamedis untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan medical check up massal di perusahaan. BonusĀ  layanan jangka dengan biaya 30-50% lebih murah dari klinik dan laboratorium yang ada.

Medical Check Up Perorangan

Cek info paket dan penawaran medical check up perorangan yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit yang ada di sekitar anda. Lebih mudah dan murah mendapatkan medical check up yang sesuai kebutuhan anda dari pada datang langsung ke klinik dan rumah sakit